Gempa Bumi di Nepal Mengguncang Dahsyat, Saksikan Foto Eksklusif Before-Afternya

| May 4, 2015 | 0 Comments

Efek dahsyat dari gempa bumi di Nepal membawa kepedihan bagi rakyatnya, saksikan 5 foto yang memuat ikon negeri Nepal pada kondisi sebelum dan sesudah terjadinya gempa pada area yang sama.

1. Menara Dharahara,

gempa bumi nepal before after 101

Menara Dharahara, 9 Tingkat Kathmandu. Foto Diambil Tahun 2013 dan Kondisi Pasca Gempa

atau kerap dipanggil Menara Bhimsen yang dibangun 1832 oleh Mukhtiyar (baca: Perdana Menteri) Bhimsen Thapa dibawah persetujuan Ratu Lalit Tripura Sundari, menara ini adalah salah satu bangunan bersejarah di Nepal yang diakui UNESCO. 213 Anak tangga menuju puncak dalam menara tersebut berbentuk melingkar, dan pada tingkat ke delapan (dari total 9 tingkat) tersedia balkon untuk melihat pemandangan di lembah Kathmandu, gempa bumi di Nepal April 2015 ini meluluhlantakkan menara Bhimsen dengan tanah.

2. Stupa Swayambhunath,

gempa bumi nepal before after 102

Kuil Swayambhunath Berumur Hampir 1500 Tahun, Dibangun Oleh Raja Vrsadeva Yang Merupakan Kakek Buyut Raja Manadeva.

atau juga dipanggil Kuil Kera, karena di area kuil tersebut tinggallah kera-kera yang diyakini suci oleh masyarakat Nepal. Berusia hampir 1500 tahun dan pernah mengalami beberapa kali renovasi karena mengalami kerusakan yang cukup parah. Situs ini termasuk yang paling tua di negeri Nepal dan didirikan oleh kakek buyut Raja Manadeva yang hidup di tahun 464 – 505, yaitu Raja Vrsadeva, beberapa bagian kuil ini hancur terkena efek gempa bumi di Nepal.

3. Alun alun Basantapur Durbar,

gempa bumi nepal before after 103

Alun Alun Kathmandu Durbar Luluh Lantak Terkenal Gempa Bumi di Nepal, Ikon Kerajaan Kathmandu Sejak Abad ke-3 Masehi Yang Telah Melalui era Berbagai Dinasti dan Keluarga Kerajaan

adalah lapangan resmi kerajaan kuno Kathmandu, dan ini adalah salah satu dari 3 Durbar (baca: Istana Kerajaan) yang sudah melalui berbagai macam dinasti mulai dari Keluarga Licchavi pada abad ke-3 masehi; Gunakamadev yang berkuasa pada abad ke-10 Masehi; Raja Ratna Malla di masa abad ke-14 Masehi; Raja Prithvi Narayan Shah pada abad ke-17 Masehi dan sampai pada era Raja Bikram Shah tahun 2001.

4. Kuil Hindu Pashupatinath,

gempa bumi nepal before after 104

Kremasi Masal Korban Gempa Bumi di Nepal Diadakan di Luar Tembok Kuil Pashupatinath

merupakan kuil suci agama Hindu yang didedikasikan untuk Pashupatinath, termasuk dalam situs yang dilindungi UNESCO dan terdaftar sejak 1979. Terletak di sungai Bagmati, 264 hektar luas kuil ini yang di dalamnya berisi 518 kuil kecil dan monumen. Sepanjang tahun banyak sekali festival diadakan di kuil ini dan yang paling ramai serta penting adalah festival Maha Shiva Ratri. Kuil ini juga dikenal dengan kuil Para Makhluk Hidup. Kuil ini diperbaharui bangunannya oleh Raja Kirat Yalember di abad ke-17 Masehi setelah mengalami kerusakan parah akibat dimakan rayap, di dalamnya berisi ornamen-ornamen Dewa Shiwa. Pembangunan asli kuil ini dilakukan pada tahun 400-an.

5. Alun alun Patan Durbar,

gempa bumi nepal before after 105

Alun-alun Istana Kerajaan Patan Yang Merupakan Area Budha Kuno dan Berisi Kuil Kuil Bersejarah Yang Dibangun Sejak Era Kathmandu Kuno, dan hancur terkena gempa bumi di Nepal yang berkekuatan 7,8 SR

Durbar adalah istilah Kathmandu yang berarti Istana Kerajaan, jadi Patan Durbar Square berarti Lapangan atau Alun-alun Istana Kerajaan Patan. Merupakan satu dari tiga alun-alun utama istana kerajaan Kathmandu yang terletak di kota Lalitpur yang berjarak kira-kira 5,5 mile dari Kathmandu. Tidak banyak disebutkan sejarah dari situs ini walaupun beberapa menyebutkan keterlibatan Raja Malla dari Lalitpur dalam proses pembangunannya. Patan ini dikenal sebagai salah satu area Budha kuno, dan di alun-alun ini terdapat beberapa kuil suci diantaranya adalah: Krishna Mandir, kuil Bhimsen, kuil Vishwanath dan Kuil Taleju Bhawani.

Demikian liputan foto-foto ikon yang diguncang gempa bumi di Nepal begitu dahsyat, sumber cnn.com

jual nano spray indonesia

Tags: ,

Category: Berita Dunia

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: