7 Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

| May 6, 2015 | 0 Comments

Banyak penyakit berbahaya disebabkan akibat kurang minum air putih.

Sedikit orang yang mengetahui apakah dirinya sudah cukup atau kurang minum air putih? seringkali kita mengabaikannya dan hanya minum dikala terasa haus. Benarkah demikian, dan bagaimana seharusnya?

akibat kurang minum air putih

Waspadai Akibat Kurang Minum Air Putih, Dapat Menyebabkan Penyakit Yang Berbahaya Diantaranya Stress

Waspadai gejala kurang minum air putih

Indikator kurang air atau dehidrasi bukanlah semata terasa haus dan kering di tenggorokan ini hanyalah gejala dini kurang minum air putih, bila kita membiarkannya maka akan muncul gejala lanjutan yang perlu kita ketahui diantaranya adalah:

  1. tidak banyak mengeluarkan keringat
  2. jarang buang air kecil
  3. urin berwarna kuning muda
  4. kram otot
  5. warna urin berubah menjadi kuning gelap
  6. mata terlihat cekung atau kulit terasa kering
  7. pusing dan mudah bingung
  8. detak jantung terasa cepat
  9. sakit kepala dan migrain berkepanjangan

poin no 1-4 itu adalah gejala ringan sampai sedang, pada tahap ini bila anda biarkan maka akan muncul gejala lanjutan yang masuk kategori parah yaitu poin no 5-9.

Jangan biarkan hal tersebut diatas terjadi pada anda, ketahui gejalanya sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan efek samping atau bahkan mengakibatkan penyakit.

akibat kurang minum air putih mengakibatkan kulit kering dan penuaan dini

Akibat Kurang Minum Air Putih Mengakibatkan Kulit Kering dan Penuaan Dini

7 Penyakit berbahaya akibat kurang minum air putih:

1. Tekanan darah tinggi, kadar air dalam darah mencapai 90% dan bayangkan apabila kita kurang minum air putih, darah menjadi lebih kental dan dalam waktu lama mengakibatkan tekanan darah tinggi.

2. Gangguan ginjal, kadar air yang cukup dalam tubuh membantu ginjal bekerja mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dengan baik, bila kurang minum air putih maka akan mengakibatkan ginjal bekerja lebih berat dan racun-racun tidak dapat dibuang dengan sempurna sehingga mengendap dalam ginjal yang pada akhirnya menyebabkan ginjal terkena infeksi dan inflamasi. Gagal ginjal akan muncul hal ini dibiarkan, dan data penelitian kedokteran menyebutkan bahwa 25 juta rakyat Indonesia mengalami gangguan fungsi ginjal.

akibat kurang minum air putih sebabkan gangguan ginjal

Gangguan Ginjal Akibat Kurang Minum Air Putih

3. Stress, penyakit ini seringkali muncul pada wanita disamping sebagai individu yang lebih mendahulukan sisi emosi, kadar air yang kurang dalam tubuh mempengaruhi ketidak stabilan suhu tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan sisi emosi psikologis seperti mudah marah dan sensitif.

4. Radang sendi, pada banyak penelitian disebutkan bahwa dengan memperbanyak konsumsi air putih maka akan mempengaruhi berkurangnya gejala nyeri sendi, begitu pula sebaliknya akibat kurang minum air putih akan menyebabkan tubuh terasa nyeri dan jaringan antar persendian melemah dan kemampuan perbaikan diri menjadi berkurang.

akibat kurang minum air putih sebabkan radang sendi

Nyeri Sendi Bisa Akibat Kurang Minum Air Putih, Hitung Kadar Air Yang Kita Minum

5. Gangguan kulit, terasa kering dan keriput atau seringkali sensitif dan dan mudah iritasi adalah gejala gangguan kulit akibat kurang minum air putih, sementara konsumsi air cukup akan menjaga kelembaban dan memberikan kadar kenyal kulit yang cukup bagi tubuh.

6. Gangguan pencernaan, tubuh memerlukan air untuk melakukan penyerapan nutrisi dari asupan makanan kita, sedangkan kurang minum air putih akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung meningkat dan heartburn.

7. Penuaan dini, ini adalah momok bagi sebagian besar wanita karena tampil cantik selalu menjadi keinginan setiap wanita, jagalah kadar air yang cukup untuk tubuh kita karena hal ini akan membuat kita terhindar dari keriput organ dalam dan akhirnya akan mempengaruhi organ luar termasuk kulit sehingga terjadilah penuaan dini.

konsumsi air putih untuk tubuh

Hitung Kadar Kecukupan Air Untuk Tubuh Kita, Ayo Minum Air Putih

Cara sederhana menghitung kebutuhan air tubuh

Perlu kita ketahui bahwa dua hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah air dan oksigen. Pada banyak sumber menyebutkan 2liter atau 8 gelas per hari adalah kisaran jumlah air yang perlu kita konsumsi agar mencukupi kebutuhan kadar air dalam tubuh.

Informasi ini cukup secara umum, namun kurang tepat karena sebetulnya banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan air minum kita, diantaranya adalah pola makan, gaya hidup, kesehatan dan berat badan.

Misal: kebutuhan air minum anak perempuan usia 5tahun yang beratnya sekitar 17-25kg tentu akan sangat berbeda dengan wanita dewasa usia 35 tahun yang aktif berolahraga dengan berat 70kg. Begitu juga wanita yang tinggal di padang pasir tentu akan berbeda dengan yang tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia.

Ikuti cara berikut agar kita bisa mendapatkan hasil yang lebih ilmiah dan tepat:

  1. Hitung berat badan anda dalam kilogram dan kalikan 1,1 ( misal: berat 60kg x 1,1 = 66 )
  2. Kalikan jumlah tersebut dengan 0,02 (misal: 66 x 0,03 = 1,98 liter)
  3. 1,98 liter inilah kebutuhan air sehari untuk tubuh anda

Referensi wiki tentang kadar air dalam tubuh klik disini

Mudah dan sederhana ya, mulai sekarang mari kita mulai membiasakan minum air putih yang cukup. Agar tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit akibat kurang minum air putih, selamat mencoba.

jual nano spray indonesia

Tags: , , ,

Category: Kesehatan, Perawatan Kulit

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: